rss_feed

Gampong Teupin Beulangan

Jl. Teungku Fatimah No. 1 Jurong Teungku Dikreung
Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh
Kode Pos 24374

call 081269701118| mail_outline teupinbe@teupinbeulangan.desa.id

  • RAZALI ABDULLAH

    Geuchik

    Belum Rekam Kehadiran
  • AMIRUDDIN ABDUL RAHMAN

    Sekretaris Gampong

    Belum Rekam Kehadiran
  • WALIDIN

    Kaur Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • ZULKARNAINI

    Kaur Pembangunan dan Pemberdayaan

    Hadir di Kantor Desa
  • TGK. ABDUL WAHAB

    Imum Gampong

    Belum Rekam Kehadiran
  • DEDI SYAHPUTRA

    Keurani Cut Urusan Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • OMAR DAHNI

    Keurani Cut Urusan Umum

    Belum Rekam Kehadiran
  • ZULFIKAR

    Ule Jurong Bale Husen

    Belum Rekam Kehadiran
  • M. HASAN UM

    Ule Jurong Meuleuweuk

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUSA

    Ule Jurong Teungku Dikrueng

    Belum Rekam Kehadiran
  • HERIZAL

    User Admin

    Belum Rekam Kehadiran
  • TARMIZI

    Ketua Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • RAZALI

    Wk. Ketua Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • BARMAWI

    Anggota Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • ZAINAL ABIDIN

    Anggota Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • M. SUBKI

    Anggota Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • ARIS MAISALA

    Anggota Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHAMMAD ZUBIR

    Anggota Tuha Peut

    Belum Rekam Kehadiran
  • KAMAL

    Staff Sekretariat Bid. Kepemudaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • YUSRI

    Pegawai Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • ZAINUDDIN

    Wk Ketua Pemuda

    Belum Rekam Kehadiran

settings Pengaturan Layar

Pengembangan System Informasi Gampong sebagai langkah maju menuju Gampong yang cerdas dan Tata kelola Pemerintahan Gampong yang Modern
fingerprint
Posyandu dan Puskesmas Garda Depan Pengendalian Stunting

25 Feb 2021 19:55:29 506 Kali

Kegiatan Bulan Vitamin A Februari 2021

Untuk mempercepat penurunan stunting, Puskesmas dan Posyandu memantau Pertumbuhan Balita diantaranya melalui penimbangan dan pengukuran serta pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS); Pemberian Kapsul Vitamin A; Praktek Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), pendidikan gizi Ibu Balita; Minum Tablet Tambah Darah bersama untuk mengatasi Anemia; serta penyuluhan pada Ibu Hamil.

Balita perlu dipantau pertumbuhannya setiap bulan di Posyandu. Selain itu, ibu Balita perlu ingat bahwa Balitanya harus mendapatkan Kapsul Vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus.

Kader Posyandu dan tenaga kesehatan di Puskesmas senantisa mengingatkan masyarakat yang memiliki bayi untuk memberi ASI eksklusif, yaitu bayi usia 0 sampai 6 bulan hanya mendapat ASI saja. Selanjutnya bayi dapat mengonsumsi Makanan Pendamping ASI mulai usia 6 bulan serta meneruskan pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun atau lebih.

Para kader di Posyandu juga memberi Penyuluhan PMBA yang diberikan di Posyandu. Hasil dari penyuluhan ini harus dipraktikkan di rumah supaya Balita mendapatkan asupan makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhannya, sehingga daya tahan tubuhnya menjadi lebih baik, dan anak jarang sakit, terhindar dari risiko stunting.

Tidak hanya kepada bayi dan Balita, para ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengikuti kelas ibu hamil agar ibu dan calon anak sehat serta terhindar dari risiko stunting.

Demikian pula pada remaja. Mereka ditekankan untuk mengonsumsi Tablet Tambah Darah secara teratur agar terhindar dari Anemia (kurang darah). Konsumsi TTD bermanfaat sekaligus untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan sebagai persiapan menjadi calon ibu kelak yang sehat.

Pengendalian Stunting

Pemenuhan hak-hak manusia diantaranya adalah perbaikan kesehatan anak. Dimana kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan demi kesejahteraan seluruh masyarakat.

Pemberian tablet vitamin A pada hakekatnya merupakan upaya pencegahan dan mengatasi masalah gangguan kekurangan vitamin A. Perlu diketahui bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia, karena zat ini tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar.

Beberapa tahun belakangan ini, masalah gizi yang sedang menjadi prioritas dalam pencegahan dan penanggulangannya adalah stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) yang diakibatkan oleh dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Prevalensi stunting di indonesa adalah 37,2%.

Stunting pada balita memberikan dampak yang kurang menguntungkan, antara lain mudah sakit, kemampuan kognitif berkurang, fungsi-fungsi tubuh tidak seimbang dan gangguan lain. Kejadian stunting dapat dicegah dengan berbagai cara. Hal yang paling penting adalah mempersiapkan calon ibu agar cukup gizi pada saat hamil, salah satunya dengan program pendampingan seribu hari pertama kehidupan.

Cara pencegahan yang lain adalah memberikan asi eksklusif dan makanan pendamping asi, akses air bersih dan fisilitas sanitasi serta memantau pertumbuhan balita di posyandu.

Pemerintah Gampong Teupin Beulangan melalui Kader Kesehatan  Poyandu dan Stunting serta Bidan Desa dan Pihak Puskesmas Kecamatan telah melakukan beberapa kegiatan untuk penanggulangan stunting di Gampong Teupin Beulangan, diantaranya :

  1. Konseling bagi ibu balita mengenai cara yang baik dan benar dalam pemberian makanan bagi bayi dan balita
  2. Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (kek) dan anemia
  3. Pemberian makanan tambahan bagi balita gizi kurang
  4. Penanggulangan balita gizi buruk
  5. PMT penyuluhan di posyandu

Upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani masalah gizi adalah dengan program bulan pemberian kapsul vitamin A bagi balita rutin dilaksanakan 2 kali setiap tahun   yaitu pada bulan Februari dan Agustus.  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai alat monitoring dan evaluasi program usaha perbaikan gizi, di Gampong Teupin Beulangan.

Mari kita bersama-sama terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berkualitas. Ajak semua ibu balita untuk senantiasa membawa anaknya ke posyandu dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di posyandu sehingga semua balita diperiksa tumbuh kembangnya supaya anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Pemerintah Gampong Teupin Beulangan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berkualitas.

Menghimbau kepada para ibu balita untuk senantiasa membawa anaknya ke posyandu dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di posyandu dan agar semua anak umur 6 bulan sampai 59 bulan yang ada di Gampong Teupin Beulangan mendapatkan kapsul vitamin A.

Mari kita sukseskan kegiatan gebyar vitamin A dan bulan penimbangan balita di Gampong Teupin Beulangan agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

map Wilayah Gampong

Alamat : Jl. Teungku Fatimah No. 1 Jurong Teungku Dikreung
Gampong : Teupin Beulangan
Kecamatan : Samudera
Kabupaten : Aceh Utara
Kodepos : 24374
Telepon : 081269701118
Email : teupinbe@teupinbeulangan.desa.id

account_circle Aparatur Gampong

message Komentar Terkini

share Sinergi Program

insert_photo Album Galeri

assessment Statistik Gampong

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:192
Kemarin:134
Total Pengunjung:67.915
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.232.59.38
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel


Hari Mulai Selesai
Senin 00:00:00 23:59:00
Selasa 00:00:00 23:59:00
Rabu 00:00:00 23:59:00
Kamis 00:00:00 23:59:00
Jumat 00:00:00 23:59:00
Sabtu 00:00:00 23:59:00
Minggu Libur